Agenda Jambore Desa Wisata 2023 Digelar 7-9 November 2023

Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Bogor, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor akan menggelar Jambore Wisata Desa 2023. Para pelaku Wisata Desa Kabupaten Bogor bisa mengikuti agenda yang berlangsung tiga hari dua malam pada 7-9 November 2023 di Chill Camp Telaga Saat, Desa Wisata Tugu Utara, Kecamatan Cisarua. Kendati demikian, acara ini juga bisa dihadiri oleh masyarakat umum atau di luar pelaku wisata.

Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor, Deni Humaedi mengungkapkan, Jambore Wisata Desa menjadi ajang promosi dan apresiasi terhadap desa-desa wisata di Kabupaten Bogor yang telah berkontribusi dalam meningkatkan pariwisata dan ekonomi lokal. “Untuk peserta jumlahnya berapa dan darimana saja masih kami akan evaluasi hari ini, baik internal Bogor maupun eksternal Bogor,” kata Deni, Senin (30/10/2023). Adapun para peserta yang dapat ikut serta dalam Jambore Desa Wisata terdiri dari peserta undangan maupun peserta berbayar, dengan ketentuan yang sudah diatur pihak penyelenggara.

Dikutip dari booklet Pedoman Jambore Desa Wisata Kabupaten Bogor 2023, terdapat sejumlah agenda dalam gelaran tiga hari ini. Beberapa di antaranya seperti pameran produk lokal, kerajinan tangan, dan kuliner khas desa wisata. Kemudian, ada diskusi antara pengelola desa wisata dan pemangku kepentingan untuk meningkatkan pengetahuan dan kolaborasi. Selain itu, terdapat pertunjukan seni tradisional dan budaya dari berbagai desa wisata. Para peserta juga akan menikmati camping dengan suasana alam yang indah, serta kunjungan ke tempat-tempat ekowisata dan konservasi alam.

Terakhir, akan ada talkshow tentang promosi pariwisata, pelestarian budaya, dan pengembangan usaha lokal. “Mereka (para narasumber) akan berbagi pengalaman dan berita terkait pengembangan desa wisata ke depannya,” tutur Deni. Ia berharap Jambore Desa Wisata 2023 ini semakin memperkenalkan potensi wisata Kabupaten Bogor kepada masyarakat luas, baik lokal maupun internasional. “Acara ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bogor serta berdampak positif bagi pemberdayaan masyarakat dan perekonomian lokal,” imbuhnya.

Peserta Jambore Desa Wisata akan dihadiri oleh tamu dari berbagai daerah baik dari Kabupaten Bogor, pegiat desa wisata Jawa Barat, maupun pegiat desa wisata nasional. Nantinya, kata dia, peserta undangan dan masyarakat juga dapat menyaksikan kemeriahan jambore serta mengikuti bazar UMKM desa wisata. Masyarakat umum yang ingin datang bisa membeli paket di luar Pengelola Desa Wisata sebesar Rp 600.000. Tarif sudah termasuk glamping tiga hari dua malam, lima kali makan, dua kali coffee break, dan kegiatan jambore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like