Apakah Benar iPhone 15 Series Tak Cuma “Overheat” dan Layar “Burn-in”

iPhone 15 series sudah dijual di beberapa negara, tak lama setelah dirilis secara global awal September lalu. Setelah tiba di tangan pengguna, sejumlah keluhan pun berdatangan. Bahkan, masalah di iPhone 15 muncul sejak kotak kemasan perangkat dibuka. Masalah-masalah ini tampaknya muncul di model iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, maupun model tertinggi, iPhone 15 Pro Max.

Masalah awal iPhone 15 yang paling banyak dikeluhkan adalah soal desainnya. Sejumlah pengguna melaporkan warna penampang iPhone 15 Pro yang berbahan titanium tidak merata. Keluhan itu ditemukan setelah ponsel dibuka dari kotak kemasannya. Artinya, perangkat itu cacat desain dari pabrik. Masalah iPhone 15 lainnya yang ditemukan pengguna yaitu panas berlebih alias overheat. Masalah ini ditemukan dalam kondisi yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya terjadi saat pengguna sedang melakukan panggilan telepon, ada pula yang mengalami saat perangkat sedang diisi daya.

Masih ada beberapa masalah lain di iPhone 15 series. Beberapa di antaranya sudah diperbaiki Apple lewat pembaruan software, meski masih ada sejumlah keluhan lain yang dialami pengguna. Berikut rangkuman beberapa masalah yang dilaporkan pengguna.

  1. iOS lambat

Sejumlah pengguna mengeluhkan iPhone 15 lemot saat dioperasikan. Salah satunya pengguna dengan handle @ChrisPirillo yang membagikan pengalamannya di X Twitter. Pirillo juga mengunggah video yang menunjukkan pengalaman navigasi iPhone 15 Pro Max kurang mulus. Masalah ini tampaknya terjadi karena iOS 17 dirilis perdana untuk iPhone 15. Jadi, belum banyak aplikasi yang merilis pembaruan agar kompatibel dengan sistem operasi (OS) tersebut.

2. Overheat

Sejak iPhone 15 series diterima dan bisa dibeli langsung dari Apple Store pada 22 September, sejumlah pengguna iPhone 15 khususnya model Pro, mengeluhkan bodi ponsel yang panas berlebih alias overheat. Kondisi itu terjadi ketika pengguna memainkan game mobile secara intens. Menurut pengguna lainnya, suhu iPhone 15 juga panas berlebih ketika ponsel dipakai untuk memutar video berkualitas 4K secara intens. Kedua aktivitas itu memang terbilang berat ketika dijalankan di ponsel. Ada pula laporan dari pengguna iPhone 15 yang menyebutkan bahwa suhu ponsel tinggi sehingga terasa panas dan tidak nyaman ketika dipakai untuk bertelepon. Bahkan, ada pula pengguna yang melaporkan bahwa iPhone 15 panas ketika baterainya sedang diisi ulang, seperti disampaikan oleh pengguna bernama Ian Zelbo di X (dulu Twitter).

Outlet media Android Authority juga menguji bagaimana suhu iPhone 15 Pro dibandingkan dengan Samsung Galaxy S23 Ultra dan Pixel 7 Pro. Hasilnya, iPhone 15 Pro memang menghasilkan suhu yang lebih tinggi dibanding dua flagship Android dalam pengujian itu. Awalnya, material titanium pada iPhone 15 Pro diduga menjadi penyebab. Namun, menurut Apple, overheat di iPhone 15 Pro disebabkan oleh adanya bug, bukan masalah material titanium. Awal Oktober akhirnya Apple mengakui adanya masalah iPhone 15 yang panas berlebih. Perusahaan kemudian menggulirkan pembaruan iOS 17.0.3 untuk meredam panas iPhone 15 Pro.

3. Gampang kotor dan cacat desain

Pengguna iPhone 15, khususnya model Pro juga megeluhkan masalah bagian punggung berbahan titanium yang mudah kotor, meninggalkan bekas sidik jari, dan lain sebagainya. Masalah yang lebih serius yaitu adanya cacat desain karena penampang ponsel itu memiliki goresan. Selain itu, layar juga dilaporkan kurang presisi dengan tepi ponsel. Masalah ini bahkan didapati pengguna tak lama iPhone 15 dibuka dari kotaknya. Belum diketahui seberapa banyak pengguna yang mengalami masalah cacat desain ini. Namun mereka bisa mengeklaim garansi untuk kerusakan ini dengan mendapat penggantian perangkat.

4. Bug saat transfer data iPhone lama

Sejumlah pengguna melaporkan iPhone 15 stuck ketika memproses transfer data dari iPhone lama. Perangkat itu hanya menampilkan logo Apple. Rupanya masalah itu disebabkan oleh sebuah bug. Apple kemudian memperbaiki masalah itu lewat pembaruan iOS 17.0.2 yang sudah tersedia untuk diunduh pengguna iPhone 15 dan iPhone lain yang mendukung iOS 17.

5. Bodi ringkih

Masalah terbesar dari iPhone 15 bisa dibilang adalah aspek durability atau ketahanannya. Sejumlah pengguna iPhone menyebutkan bahwa iPhone 15 series lebih rentan rusak secara fisik dibanding iPhone model lawas. Klaim ini juga dibuktikan oleh Youtuber yang kerap membongkar gadget, JerryRigEverything. Ia membuat video uji ketahanan iPhone 15 Pro Max dan hasilnya tidak lolos pengujian. JerryRigEverything menekan penampang iPhone 15 Pro Max dengan dua jempolnya, kemudian penampang itu retak tak lama setelah ditekan. Sam Kohl dari AppleTrack juga menguji daya tahan iPhone 15 Pro dengan menjatuhkan perangkat. Hasilnya, iPhone 14 lebih tahan banting dibanding iPhone 15 Pro. iPhone 15 Pro bahkan tidak bisa dipakai lagi setelah dijatuhkan berkali. Berbeda dengan iPhone 14 Pro yang masih bisa dioperasikan. Menurut Kohl, masalah itu tidak hanya disebabkan oleh material titanium yang digunakan Apple untuk iPhone 15 Pro, tetapi juga karena desain tepi ponsel yang melengkung sehingga mengurangi ketahanan perangkat. Untuk itu, Kohl menyarankan pengguna untuk memakai casing tambahan.

6. Tiba-tiba Mati

Sejumlah pengguna melaporkan bahwa iPhone 15 miliknya mati mendadak. Insiden ini terjadi dalam waktu yang tak tentu, tetapi mayoritas terjadi saat malam hari, atau ketika ponsel tidak sedang dioperasikan. Masalah ini mulanya disadari sejumlah pengguna ketika alarm yang mereka pasang di ponsel tidak menyala. Menurut salah satu pengguna yang membagikan ceritanya ke forum diskusi online Reddit, dua alarm yang dipasang di dua waktu yang berbeda di iPhone miliknya tidak berdering. Pengguna lainnya lantas menyarankannya untuk memeriksa pengaturan baterai. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah iPhone-nya mati sementara saat malam hari. Sebab, ia juga mengalami hal yang sama. Ada pula pengguna lain yang mendapati iPhone miliknya mati mendadak, termasuk tim di media teknologi seperti 9to5Mac dan MacRumors.

Mereka menyadari masalah ini lantaran ponsel meminta input kata sandi saat pagi hari, yang biasanya menandakan perangkat telah melakukan restart atau sempat mati. Di forum MacRumors, salah seorang pengguna mengaku iPhone 15 Pro Max miliknya yang berjalan dengan iOS 17.0.3 mati mendadak, kemudian reboot sekitar pukul 01.00 dini hari. Masalah yang sama juga dialami tiga rekan pengguna tersebut dengan model ponsel yang sama dan seorang lainnya pengguna iPhone 13 Mini dengan versi iOS yang sama. Jadi, masalahnya tidak hanya terjadi pada iPhone 15 saja. Oleh karena itu, masalah ini kemungkinan disebabkan oleh pembaruan iOS 17. Akan tetapi, masalah ini kabarnya hanya dialami oleh sejumlah pengguna iOS 17, tidak semuanya. Selain itu, masalah ini juga tidak terjadi setiap malam.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like