Gibran Rakabuming Raka Simbol Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo

Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah, mengatakan Gibran Rakabuming Raka adalah simbolisasi rekonsiliasi Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo Subianto. Menurut Fahri, hal tersebut menjadi dasar penentuan Gibran sebagai cawapres pendamping Prabowo.

Dia menyebut jika pembahasan cawapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) sempat berlangsung alot.

“Terakhir itu mengarah kepada kesepakatan bahwa ini mesti figur yang secara riil merepresentasikan rekonsiliasi antara Pak Prabowo dengan Pak Jokowi. Dan memang calon terkuatnya Gibran,” kata Fahri di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (26/10/2023).

Fahri mengakui jika saat pembahasan cawapres Ganjar, sejumlah nama-nama muncul termasuk Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ganjar Pranowo.

“Mencari orang yang terasosiasi dengan,dekat dengan Pak Jokowi dan dengan PDIP kan susah. Yang PDIP-nya sudah enggak, Mbak Puan sudah enggak jadi. Mas Ganjar enggak mau jadi wakil ya kan,” ujarnya.

Hanya saja, dia menuturkan saat terkendala karena secara aturan Gibran tidak bisa maju sebagai cawapres lantaran usianya belum mencapai 40 tahun.

Namun, Fahri menambahkan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan yang memperbolehkan kepala daerah menjadi cawapres, semua ketua umum KIM sepakat Gibran. “Begitu kemudian keputusan MK mengatakan diterima ya akhirnya aklamasinya diteruskan gitu,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like