Ini Cara Melacak iPhone yang Hilang dengan Gmail

Ada beberapa cara melacak iPhone yang hilang, salah satunya melalui Gmail. Cara melacak iPhone dengan Gmail ini bisa menjadi alternatif selain menggunakan layanan pelacakan perangkat bawaan Find My. Sebagai informasi, Find My merupakan layanan yang dapat melacak keberadaan semua perangkat Apple, termasuk iPhone. Saat iPhone hilang atau dicuri, pengguna bisa melacak keberadaannya via Find My di perangkat Apple lain atau website iCloud.com.

Saat iPhone dicuri atau hilang dalam kondisi menyala serta terhubung jaringan internet alias online, pengguna bisa memantau pergerakannya secara real-time via Find My. Layanan Find My ini dapat diakses apabila pengguna sebelumnya telah login Apple ID di iPhone. Kemudian, pengguna juga sebelumnya telah mengaktifkan layanan Find My di iPhone.

Jika belum pernah login Apple ID atau akun iCloud dan mengaktifkan layanan Find My, pengguna tak akan bisa mengakses Find My untuk melacak iPhone yang dicuri atau hilang. Seandainya pengguna belum pernah login Apple ID dan mengaktifkan layanan Find My, salah satu solusi untuk melacak saat iPhone hilang atau dicuri adalah dengan menggunakan Gmail.

Lantas, bagaimana cara melacak iPhone yang hilang dengan Gmail? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini seputar cara melacak iPhone dengan Gmail.

Cara melacak iPhone hilang pakai Gmail itu cukup mudah. Cara ini pada dasarnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur data histori lokasi pada akun Google yang bisa diakses melalui Gmail. Tiap akun Google yang tertaut dengan perangkat bakal bisa menyimpan data histori atau riwayat lokasi yang pernah dikunjungi perangkat itu. Dari data histori lokasi ini, pengguna bisa melacak lokasi keberadaan iPhone yang hilang atau dicuri.

Adapun penjelasan mengenai cara melacak iPhone hilang pakai Gmail adalah sebagai berikut:

  1. Saat iPhone dicuri atau hilang, buka Gmail di perangkat lain. Lalu, login dengan akun Google atau akun Gmail yang sama seperti digunakan pada iPhone yang hilang.
  2. Setelah berhasil masuk, klik ikon foto profil akun Gmail dan pilih opsi “Kelola Akun”.
  3. Selanjutnya, pilih opsi “Data & Privasi” dan klik opsi “Histori Lokasi”.
  4. Kemudian, klik opsi “Kelola Histori” dan bakal muncul peta dengan terdapat data riwayat lokasi keberadaan perangkat dalam kurun waktu tertentu.
  5. Data histori lokasi akan menunjukkan lokasi atau tempat yang pernah dikunjungi pengguna lain yang tengah membawa iPhone pengguna.
  6. Melalui data tersebut, pengguna bisa memeriksa keberadaan Phone yang hilang atau dicuri.

Cukup mudah bukan cara melacak iPhone dengan Gmail? Meski mudah, perlu diketahui, cara melacak iPhone hilang pakai Gmail ini hanya bisa dilakukan apabila pengguna sudah pernah login akun Google di aplikasi Google pada iPhone yang hilang. Kemudian, pengguna sebelumnya juga sudah mengaktifkan opsi histori lokasi pada akun Google tersebut. Jika belum pernah login akun Google dan mengaktifkan opsi histori lokasi, pengguna tak akan bisa melacak iPhone dengan cara ini.

Demikianlah penjelasan seputar cara melacak iPhone dengan Gmail. Sebagai informasi tambahan, meski ada cara alternatif seperti ini, pengguna sebaiknya selalu mengaktifkan layanan Find My di iPhone. Pasalnya, pelacakan iPhone dicuri atau hilang via Gmail tidak memberikan pengamanan ekstra seperti pada Find My. Di Find My, pengguna diberikan beberapa opsi yang dapat meminimalkan beberapa kerugian saat iPhone dicuri atau hilang.

Find My tak cuma memberikan informasi lokasi keberadaan iPhone yang hilang ke pemilik aslinya. Akan tetapi, melalui Find My, pengguna juga bisa mengunci iPhone dan menghapus semua data di dalamnya secara jarak jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like