Jokowi Lantik Agus Subiyanto Jadi KSAD Gantikan Jenderal Dudung Abdurachman

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Agus Subiyanto dilantik berdasarkan surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 89/TNI/Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.Agus Subiyanto menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiun.

Agus Subiyanto juga mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Jenderal.

Kenaikan pangkat Agus didasarkan pada surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 90/TNI/ Tahun 2023 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

Dalam pelantikan tersebut, Presiden Jokowi mengambil sumpah jabatan Agus Subiyanto sebagai KSAD.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” ucap Presiden Jokowi mendiktekan sumpah jabatan.

Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut yakni: Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAU Marsekal Fadjar Prasetio, KSAL Muhammad Ali, Menkopolhukam Mahfud MD, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak.

Jenderal bintang tiga dari korps infanteri ini bukanlah orang baru bagi Presiden Jokowi.Sejak perwira menengah, Agus Subiyanto bisa disebut sebagai orang lingkaran Presiden Jokowi.

Pria kelahiran 5 Agustus 1967 ini pernah menjabat sebagai Dandim 0735/Surakarta (Solo) pada tahun 2009 hingga 2011, ketika Jokowi masih menjabat Wali Kota.

Karier Agus Subiyanto di militer diawali sebagai Kasiops Sektor A di Timor Timur, kemudian menjadi Danyon 22 Grup 2 Kopassus, hingga menjadi Kepala Penerangan Kopassus.

Setelah menjadi Kapen Kopassus, barulah ia didapuk menjadi Dandim Kota Solo.Setelah itu, Agus dipercaya menjadi Wakil Asisten Operasi Div 1 Kostrad, sebelum akhirnya dipromosikan sebagai Asops Divif 1 Kostrad dengan pangkat kolonel dan dilanjutkan menjadi, Asops Kasdam 1/BB hingga Komandan Rindam Kodam II Sriwijaya.

Jabatan bintang 1 Agus Subiyanto didapatnya ketika dipercaya menjadi Wakil Komandan Pusenif dan dilanjutkan sebagai Danrem di Bogor.Sebagai informasi, posisi Danrem Bogor kerap dikaitkan dengan kedekatan atau orang kepercayaan Presiden.Seakan membenarkan pendapat itu, Agus kemudian dipromosikan sebagai Komandan Paspampres pada 2020 dan Pangdam Siliwangi selanjutnya.

Kemudian pada 31 Januari 2022, Agus Subiyanto dipercaya mengemban amanat sebagai Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat.Jika benar akhirnya Agus Subiyanto dilantik menjadi KSAD, hal ini akan menggenapi perwira “lingkaran Solo” yang sukses meraih posisi puncak di zaman Presiden Jokowi.

Sebelum Agus, ada nama Hadi Tjahjanto yang pernah menjabat sebagai Panglima TNI dan Jenderal Pol Listyo Sigit.

Sebelum kabar ini mencuat, satu di antara nama yang digadang sebagai calon kuat KSAD adalah Letjen TNI Maruli Simanjuntak yang kini menjabat Panglima Kostrad.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like