Jokowi Mengundang 3 Capres Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diharapkan memperlihatkan komitmen buat bersikap netral dalam pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan presiden (Pilpres) 2024, seperti yang disampaikan kepada para bakal calon presiden dalam jamuan makan siang di Istana Merdeka, Jakarta. Presiden Jokowi hari ini mengundang 3 bakal capres yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan dalam jamuan makan siang di Istana Merdeka.

“Jadi komitmen hari ini harus dilanjutkan dalam bentuk yang konkret ya, misalnya Presiden harus menginstruksikan kepada aparatur negara, tidak menggunakan apa pun yang berkaitan dengan fasilitas publik untuk kepentingan salah satu calon,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi seperti dikutip dari program Breaking News, Senin. Menurut Burhanuddin, masyarakat juga sebaiknya ikut mengawasi komitmen netralitas dalam Pemilu dan Pilpres seperti yang disampaikan Presiden Jokowi. Apalagi salah satu calon peserta Pilpres yakni bakal cawapres Gibran Rakabuming Raka adalah anak sulung Presiden Jokowi.

“Jadi saya setuju ini tidak serta-merta membuat publik percaya, tetapi kan namanya komitmen baik harus disambut. Nanti tinggal kita cek, kita awasi, kita monitor, apakah komitmen verbal Presiden Jokowi, gestur, atau sinyal ini diikuti dengan bukti konkret di lapangan atau tidak,” ucap Burhanuddin. Seperti diberitakan sebelumnya, jamuan makan itu digelar di sebuah ruangan di Istana Merdeka.

Keempat tokoh itu duduk di sebuah meja bundar yang di atasnya tersaji berbagai menu yang menggugah selera yakni nasi putih, Soto Lamongan, Ayam Kodok, Sapi Lada Hitam, dan Bebek Panggang. Selain itu tampak juga Cumi Goreng, Udang Goreng Telur Asin, Kaylan cah Sapi, hingga sajian minuman es Laksamana Mengamuk serta Jus Jeruk. Keempat lelaki yang mengenakan kemeja batik itu kemudian duduk melingkar menyantap makanan yang dihidangkan. Jamuan makan siang itu diselingi perbincangan hangat ketiganya.

Usai jamuan, Prabowo mengucapkan terima kasih kepada Jokowi atas undangan menghadiri kegiatan itu. “Dan tadi kami juga ucapkan terima kasih diundang. Kalau enggak diundang kita jarang bisa kumpul ya,” ujar Prabowo di hadapan awak media. Anies juga menyampaikan pesan usai jamuan makan siang dengan Presiden Jokowi. Salah satu pesan yang ditekankan adalah soal netralitas menjelang dan saat ajang Pemilu dan Pilpres 2024.

“Tadi beliau sampaikan bahwa beliau memang mengumpulkan penjabat gubernur, bupati, bahkan akan mengumpulkan TNI, polisi, dan semua aparat untuk netral dan kami melihat itu adalah pesan penting yang bisa membuat pilpres kita besok berjalan dengan aman, damai, karena seluruh unsur penyelenggara menunjukkan sikap yang netral, yang profesional,” papar Anies. “Jadi itu salah satu yang kami sampaikan kepada beliau dan beliau merespons positif, baik, sehingga diskusi kita juga tadi lancar,” sambung Anies. Sedangkan Ganjar menyampaikan pesan supaya semua pihak ikut menjaga supaya Pemilu dan Pilpres berjalan aman dan damai.

“Beliau orang baik, InsyaAllah juga akan mendukung sistem demokrasi yang baik, dan mudah-mudahan tadi apa yang disampaikan oleh beliau-beliau juga insyaallah akan bisa dilaksanakan. Tugas kita, yuk kita jaga bersama-sama pemilu ini damai, para aparaturnya betul-betul imparsial, semua bisa berjalan dengan fair, dan kita bisa saling menjaga,” kata Ganjar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like