Polri Miliki Peran Strategis Wujudkan Pemilu 2024 Kondusif

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni, menyambut baik persiapan Polda Jawa Tengah (Jateng) yang akan melakukan koordinasi lintas sektoral, mulai dari pengawalan logistik pemilu, pengamanan pelaksanaan, hingga penempatan personel di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).Sebelumnya, Kapolda Jateng irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, kini pihaknya tengah melakukan koordinasi guna menempatkan tiap personel di 117.000 TPS yang ada di Jawa Tengah.

Sahroni menilai, penempatan personel kepolisian di tiap TPS dapat menjaga kondusifitas di lapangan.”Komisi III mengapresiasi Kapolda Jateng yang sudah ‘curi start’ maksimalkan kesiapan pengamanan hari H Pemilu 2024 nanti. Ini bagus, dan tiap tahun Polri kan memang menempatkan anggota di berbagai titik TPS,” kata Sahroni dalam keterangannya Sabtu (28/10/2023).

“Kalau bisa 2024 nanti, mau itu daerah (TPS) yang kategorinya rawan, sedang, maupun aman, tetap ditempatkan personel di sana. Sebab Polri miliki peran strategis dalam wujudkan pemilu kondusif,” imbuhnya.

Lebih lanjut, hal ini Sahroni mengatakan hal itu lantaran dirinya berharap agar, pemilu 2024 dapat berlangsung kondusif tanpa adanya intrik di bawah. Sebab menurutnya, konflik di lapangan kerap menjadi salah satu faktor yang turut mengganggu jalannya proses pesta demokrasi elektoral tersebut.

“Jadi ini untuk jaga kondusifitas, keamanan, dan berikan rasa nyaman bagi para pemilih nantinya. Karena khawatir kalau ada konflik-konflik di TPS, jadi mengganggu para pemilih. Kan kalau ada aparat di tiap titik, minimal masyarakat jadi agak lega soal potensi hal-hal yang seperti itu,” ujar Sahroni.

Untuk itu, Sahroni ingin tiap Polda turut melakukan persiapan guna memaksimalkan persiapan menjelang Pemilu 2024.

“Polda lain juga bisa lakukan persiapan mulai dari sekarang, biar hasilnya maksimal saat pelaksanaan nanti,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like