Presiden Joko Widodo Dianggap Sangat Mungkin me-reshuffle Menteri dari PDIP

Presiden Joko Widodo dianggap sangat mungkin me-reshuffle menteri-menteri dari PDI Perjuangan (PDI-P) jika menganggap partai berlambang banteng itu sudah tak sejalan. Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno mengatakan hal itu dipicu sejumlah pernyataan elite PDI-P yang saat ini nampak menunjukkan kekecewaan atas langkah Jokowi merestui putra sulungnya, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) Prabowo Subianto. “Kalau memang Jokowi tak nyaman, sudah lagi tak happy, sudah menganggap PDI-P sebagai oposisi ya sangat mungkin reshuffle dilakukan,” ujar Adi, Senin (30/10/2023).

Namun, Adi menganggap langkah itu bakal berisiko besar untuk Jokowi. Pasalnya, jika upaya itu dilakukan, sentimen negatif publik akan disematkan padanya. Pasalnya, tak bisa dinafikan bahwa karier politik Jokowi selama ini dibantu oleh PDI-P. “Akan jadi stigma yang kurang kondusif bagi Jokowi, karena apapun, bisa dilihat oleh publik sampai saat ini ya Jokowi itu adalah PDI-P. Tidak bisa dibantah,” tutur dia.

Baginya, Jokowi tak boleh melupakan PDI-P yang menghantarkannya menjadi Wali Kota Solo sampai Presiden Republik Indonesia. Alasannya, yang berperan besar mendorong Jokowi sampai saat ini adalah partai politik (parpol) pimpinan Megawati Soekarnoputri itu, bukan parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM). “Bahkan Jokowi jadi presiden sampai hari ini ya karena diusung oleh PDI-P. Bukan karena diusung oleh Gerindra, oleh Golkar, tapi tiket awalnya adalah dari PDI-P,” imbuh dia.

Diketahui, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya sudah merasa ditinggalkan oleh Jokowi. Padahal, selama ini partai banteng telah memberikan banyak bantuan untuk Jokowi dan keluarganya. Bahkan, ia mengklaim banyak kader akar rumput yang tak percaya dengan sikap Jokowi. Hasto juga mengungkapkan bahwa Jokowi melalui pihak yang dipercayainya pernah meminta pada PDI-P untuk merestui jabatan presiden tiga periode.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like