Rekomendasi Objek Wisata Alam Keren di Sumbar

Sebagai daerah yang berada di dataran tinggi sudah pasti Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memiliki alam yang indah dan hawa kota yang sejuk. Pemandangan alam yang indah ini menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke kota tersebut.
Terdapat berbagai objek wisata yang bisa dinikmati saat berkunjung ke sejumlah daerah yang ada di Sumbar.

Berikut sajikan objek wisata yang bisa di sambangi jika mengunjungi Ranah Minang :

  1. Padang Mangateh

Objek wisata satu ini juga wajib kalian kunjungi. Hamparan dataran hijau Padang Mangateh sepintas mirip dengan pemandangan negara Eropa.

Memiliki luas 299 hektar Padang Mangateh juga banyak terdapat sapi yang menambah keindahan tempat tersebut. Berlokasi di Jalan Padang Mengatas, Mungo, kabupaten Lima Puluh Kota wisata ini tidak dipungut biaya.

2. Bukit Bulek Taram

Tempat wisata selanjutnya adalah sebuah bukit yang memiliki batu sangat besar berbentuk lonjong. Selain itu terdapat juga kolam dengan ikan air tawar yang banyak.

Bukit Bulek Taram juga menyediakan wisata kuliner yang sangat nikmat. Lokasi Bukit Bulek Taram terletak di Taram, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat.

3. Panorama Ampangan

Objek wisata satu ini terletak di Aua Kuniang, Ampangan, Payakumbuh. Berada di ketinggian 650 mdpl wisata ini sajikan pemandangan menakjubkan.

Banyak spot foto menarik yang disediakan pengelola Panorama Ampangan. Jika kalian ingin berkunjung ke Panorama Ampangan harus membayar tiket sekitar Rp 7.000.

4. Gua Ngalau Seribu

Selanjutnya ada Gua Ngalau Seribu sebuah wisata gua yang eksotis. Memiliki berbagai batu dengan ukuran berbeda yang tersusun rapi menambah kecantikan gua tersebut.

Gua tersebut terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh, Sumatera Utara. Namun perlu diingat jika ingin mengunjungi Gua Ngalau Seribu alangkah lebih baik menyewa guide agar perjalanan terasa aman dan nyaman.

5. Lembah Harau

Objek wisata satu ini juga banyak disenangi para wisatawan. Lembah Harau adalah sebuah tebing besar yang memiliki tinggi 150 meter.

Ditambah lagi terdapat kawasan padang rumput luas yang dapat memanjakan para pengunjung. Lembah Harau berlokasi di Tarantang, Kecamatan Lima Puluh Kota Sumatera Barat.

6. Air Terjun Lubuak Bulan

Selain banyak wisata bukit Payakumbuh juga terdapat wisata air salah satunya Air Terjun Lubuak Bulan. Disebut dengan lubuak bulan karena memang bentuk air terjun tersebut seperti bulan sabit.

Ketinggian air terjun itu sekitar 50 meter dengan airnya yang sangat jernih. Air terjun ini terletak di Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

7. Bukit Batu Manda

Selanjutnya jika kalian ingin mendapatkan spot foto yang kece dan kekinian kalian bisa mengunjungi Bukit Batu Manda. Berlokasi di daerah Balubuih, Sungai Talang bukit ini memiliki ketinggian sekitar 550 mdpl.

Jika kalian berkunjung ke Bukit Manda tidak dipungut biaya hanya saja membayar parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Itulah berbagai objek wisata yang wajib kamu nikmati saat berkunjung ke Sumbar. Objek wisata mana nih yang paling kalian ingin kunjungi?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like