Resmi Prabowo Umumkan Gibran Jadi Cawapresnya 2024

Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto mengumumkan bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendampingnya, Minggu (22/10/2023) malam. Prabowo mengatakan, KIM telah sepakat untuk mengusung Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden.

“Secara konsesus, seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju,” katanya.

Secara singkat, Ketua Umum Partai Gerindra itu mengatakan bahwa dirinya dan Gibran akan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari terakhir pendaftaran capres-cawapres, yaitu Rabu 25 Oktober 2023.

“Saya kira ini deklarasi yang kita sampaikan kepada masyarakat umum,” sambung Prabowo.”Dan pada hari Rabu tanggal 25 Oktober kami akan daftar ke KPU,” jelasnya.

Gibran akhirnya resmi menjadi bakal calon wakil presiden di Pilpres 2024. Padahal pada Maret 2018, Gibran mengaku tidak tertarik terjun ke dunia politik.

Kala itu, ayahnya, Joko Widodo (Jokowi) maju sebagai calon presiden (capres) dan akan bertarung melawan Prabowo Subianto. Awalnya, Gibran menjawab diplomatis ketika ditanya akan memilih Prabowo Subianto atau Jokowi di Pemilihan Presiden 2019. Gibran mengatakan, memilih Prabowo atau Jokowi adalah hak memilih setiap orang yang tidak perlu disampaikan ke publik.

“Soal memilih (Prabowo atau Jokowi) jawabannya rahasia,” ujar Gibran, menjawab pertanyaan salah satu mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro, Semarang pada 3 September 2018.

Gibran mengatakan, meski dirinya anak orang nomor satu di negeri ini, ia meyakinkan tidak ikut perpolitikan nasional. Di pilpres nanti, ia juga tidak pernah menjadi tim sukses untuk salah satu pasangan calon. “Saya itu enggak pernah berpolitik dan tidak menjadi tim sukses,” katanya.

Hingga Juli 2019, Gibran masih mengaku tidak mau berpolitik. Gibran saat itu mengklaim dirinya fokus menjadi pebisnis. Namun, kala itu, Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta melakukan survei mengenai popularitas dan elektabilitas tokoh-tokoh dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Solo 2020.

Survei yang melibatkan 766 responden itu dilakukan dengan teknik random sampling di 96 titik lokasi di Kota Solo. Berdasarkan hasil survei Unisri, nama putra sulung Jokowi itu termasuk paling populer dengan perolehan 90 persen suara. Disusul kemudian nama Achmad Purnomo, politikus PDI Perjuangan yang saat ini menjabat sebagai wakil Wali Kota Solo.

Sedangkan dari sisi akseptabilitas dan elektabilitas, Achmad Purnomo berada di urutan pertama dengan persentase 83 persen dan 38 persen. Nama Gibran menyusul di bawahnya dengan perolehan 61 persen untuk akseptabilitas dan 12 persen untuk elektabilitas.

Gibran saat itu memberikan apresiasi terhadap hasil survei.Namun, di hadapan wartawan, ia menyebut bahwa masih kukuh menjalankan peran sebagai seorang pebisnis.”Saya dan Kaesang masih melakukan aktivitas yang saya lakoni seperti biasa. Jadi masih fokus bisnis. Masih fokus ekspansi bisnis,” katanya pada 17 Juli 2019.

Namun, Jokowi juga tak akan melarang jika suatu saat nanti anaknya tiba-tiba ingin maju di pemilihan kepala daerah.”Kalau tahu-tahu besok pagi bilang, ‘Pak saya kepingin jadi wali kota’. Siapa tahu. Minggu depan bilang, ‘Pak saya siap jadi wali kota.’ Kalau ditanya itu, saya akan bilang, ya jadi saja,” kata Jokowi

Jokowi menegaskan bahwa ia menyerahkan kepada anak-anaknya untuk menentukan pekerjaan dan karier masing-masing.Jokowi melihat dua putranya saat itu, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, masih asyik menggeluti bisnis kuliner mereka.

“Sampai detik ini, saya melihat anak-anak saya tidak tertarik ke dunia politik. Gibran, Kaesang, maupun yang lain senangnya di dunia usaha,” kata Jokowi.Namun, Jokowi mengakui tidak tertutup kemungkinan anak-anaknya suatu saat nanti mengubah haluan dan banting setir ke dunia politik.”Kalau tahu-tahu mereka ada yang bilang, ‘Pak saya siap untuk ikut pilkada,’ saya bilang maju saja. Itu jawaban saya,” kata Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like