Starlink Milik SpaceX dikabarkan Akan Masuk ke Indonesia

Sejak beberapa waktu lalu, Starlink milik SpaceX dikabarkan akan masuk ke Indonesia. Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo buka suara soal kemungkinan tersebut.
Dalam pembicaraan dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, bos SpaceX Elon Musk mengatakan keinginannya untuk masuk Starlink di bagian Timur.

“Nah yang kedua, dia ingin Starlink bisa beroperasi di daerah-daerah rural kita dan kebetulan Menteri Kesehatan ikut bersama juga, dan melihat banyak sekali desa-desa kita yang tidak bisa dijangkau internet,” ucap Luhut dalam unggahan di akun Instagramnya Agustus lalu.

“Oleh karena itu kita sepakat dengan Elon untuk Starlink masuk di Indonesia bagian Timur,” imbuhnya. Ditanya soal kedatangan Starlink, Direktur Infrastruktur Bakti Danny Januar Ismawan hanya mengatakan pihaknya mengedepankan teknologi netral. Pihak manapun dengan manfaat lebih baik akan dipertimbangkan.

Dia mengatakan saat ini kedatangan Starlink masih digodok di tataran regulasi. Jadi pihaknya masih menunggu kelanjutannya.

“Menjawab Starlink, kami dari Bakti selalu mengedepankan teknologi netral. Siapapun opsi yg memberikan manfaat lebih baik bagi negara tentu kami pertimbangkan,” kata Danny saat Media Briefing di kantor Bakti, Selasa (24/10/2023). Dari segi anggaran, Starlink dianggap kompetitif dibandingkan opsi lainnya. Namun secara prinsip, Bakti akan mempertimbangkan sisi efisiensi.

“Tapi kami prinsipnya saat ini sebagai fungsi seluler backhaul memang menjadi pertimbangkan kami. Karena dari sisi efisiensi anggaran sangat kompetitif ya Starlink dengan solusi lainnya,” jelas dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like