Survei Yang Digelar Indo Barometer Menunjukkan Prabowo-Gibran Tertinggi

Survei yang digelar Indo Barometer menunjukkan, elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, tertinggi dibandingkan dua pasangan capres cawapres lainnya. “Untuk simulasi pasangan capres-cawapres (pertanyaan terbuka), pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menempati posisi teratas, dengan angka 34,2 persen,” tulis Peneliti Indo Barometer Christopher Nugroho dalam keterangannya, Sabtu (11/11/2023). Pasangan capres-cawapres dengan elektabilitas tertinggi kedua, yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan angka 26,2 persen.

Sementara itu, elektabilitas capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada pada urutan ketiga dengan angka 18,3 persen. Dalam survei ini, sebanyak 13,4 persen responden belum menentukan pilihan dan 3,9 persen responden tidak bersedia menjawab. Ada pula sebanyak 3,3 persen responden memilih merahasiakan pilihannya, dan 0,7 persen menyatakan tidak akan memilih. Hasil yang tidak jauh berbeda juga terjadi ketika peneliti Indo Barometer mengajukan pertanyaan tertutup tiga capres cawapres.

“Dari pertanyaan tertutup terhadap tiga nama calon presiden, Prabowo Subianto paling banyak dipilih,” ujar Christopher. Survei ini diketahui dilakukan pada periode 25-31 Oktober 2023 dan melibatkan 1.230 responden. Metode penarikan sampel, yakni multistage random sampling. Adapun, margin of error survei ini kurang lebih 2,79 persen dan tingkat kepercayaannya 95 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like