Teknologi Kereta Cepat CRRC Mengajak 50 Pelajar SMP Bandung Barat

Pakar teknologi kereta cepat asal China, CRRC Qingdao Sifang Co Ltd mengajak 50 pelajar SMP Bandung Barat menjajal kereta cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh pada 24 Oktober lalu. Acara ini merupakan ajang untuk membekali pengetahuan soal kereta cepat ke para pelajar tersebut. Sebanyak 50 pelajar SMPN 3 Ngamprah Bandung Barat diajak untuk mempelajari teknologi canggih dalam kereta cepat Whoosh, serta unsur Indonesia yang ada pada Whoosh. Dalam kegiatan tersebut, para pelajar diajak merasakan sensasi saat kecepatan kereta dinaikkan dari 0 km per jam, ke 10 km per jam, lalu 20 km per jam, hingga 350 km per jam.

“Kelas kereta cepat telah memperluas wawasan para siswa, membekali siswa dengan membuka ‘jendela teknologi’ untuk belajar dan merasakan teknologi dunia yang canggih, lalu menginspirasi impian mereka di bidang teknologi,” ujar Mepi, kepala sekolah SMPN 3 Ngamprah Bandung Barat dalam keterangan pers, Selasa (31/102023).

Asep Wahyu, Asisten 2 Bupati Bandung Barat menambahkan, Kereta Cepat Jakarta-Bandung merupakan kereta api cepat pertama di Asia Tenggara, merupakan kebanggaan negara dan masyarakat Indonesia. Diharapkan, hadirnya Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan memudahkan transportasi masyarakat yang berada di sepanjang jalurnya.

“Selain itu, juga dapat mendorong pembangunan ekonomi sekaligus kemajuan sosial di sepanjang jalur, serta bermanfaat untuk mendorong terwujudnya visi ‘Indonesia Emas 2045’.” Sementara Wakil Manajer Umum CRRC Qingdao Sifang Rolling Stock Co., Ltd, Cao Rui mengatakan, kerja sama antara China dan Indonesia dalam proyek Kereta Cepat Whoosh adalah simbol dari persahabatan kedua negara. “Saya harap, donasi bahan pengajaran dan kelas kesejahteraan masyarakat kereta api cepat di sekolah ini akan memberikan kontribusi bagi pengembangan pendidikan di Indonesia lebih lanjut dalam memperkuat persahabatan kedua negara,” katanya.

Penyerahan bantuan dan pembelajaran teknologi tersebut masuk dalam program “Kelas Kesejahteraan Masyarakat” dari Basis Pertukaran Ilmu Pengetahuan dan Budaya Rangkaian Kereta Api Whoosh oleh CRRC Sifang. “Bantuan bahan pengajaran dan kelas kesejahteraan masyarakat ini akan membantu siswa dalam belajar menjadi lebih baik dan mewujudkan visi pendidikan Indonesia,” tambah Asep Dendih, Kepala Dinas Pendidikan Bandung Barat. Sebagai informasi, perusahaan CRRC Qingdao Sifang Co Ltd merupakan pembuat Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau KCJB yang berdiri sejak tahun 1900. Perusahaan ini berbasis di Qingdao, Provinsi Shandong, China. Sementara Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh mulai beroperasi sejak 17 Oktober 2023.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like