Tempat Wisata Dekat Museum Kretek Kudus Dijadikan Syuting Serial Gadis Kretek

Museum Kretek Kudus tengah menjadi sorotan karena menjadi salah satu lokasi syuting serial Gadis Kretek yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo. Satu-satunya museum rokok di Indonesia ini, menyimpan sebanyak 1.195 koleksi, yang berkaitan dengan sejarah kretek di wilayah ini. Misalnya, dokumentasi perjalanan Nitisemito yang dijuluki Raja Kretek Kudus, sekaligus pendiri Pabrik Rokok Bal Tiga.

Kemudian, pengunjung bisa menjumpai bahan dan alat pembuat rokok kretek tradisional, foto para pendiri pabrik kretek, alat promosi rokok kretek di masa lalu hingga sekarang, diorama proses pembuatan rokok kretek, dan sebagainya. Dengan menjelajahi koleksi di Museum Kretek Kudus itu, pengunjung bisa memahami perkembangan rokok kretek di Indonesia, khususnya di Kudus. Jika berkunjung ke Kudus, jangan lupa untuk mampir ke Museum Kretek yang berlokasi di Jalan Getas Pejaten Nomor 155, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Harga tiket masuk Museum Kretek Kudus sangat ramah kantong, yakni Rp 4.000 pada Senin-Sabtu dan Rp 5.000 pada Minggu dan libur nasional.

Wisatawan juga bisa mampir ke sejumlah tempat wisata dekat Museum Kretek Kudus, sebagai berikut:

  1. Museum Jenang Kudus

Jenang adalah merupakan kuliner yang menjadi simbol doa, harapan, persatuan, dan semangat yang tidak lepas dari budaya dan kearifan lokal Kota Kudus. Legenda jenang juga sangat erat dengan sejarah perjalanan Sunan Kudus dalam menyebarkan agama Islam. Hal tersebut melatarbelakangi pendirian Museum Jenang. Museum ini berhasil mencetak rekor MURI sebagai museum jenang pertama di Indonesia, berdasarkan informasi dari situs MURI. Kehadiran Museum Jenang menjadi sarana edukasi kepada publik seputar jenang, makna dan jenisnya. Museum ini dilengkapi dengan wahana dan spot foto yang unik dan menarik.

2. Taman Oasis Djarum

Taman Oasis merupakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berada di sekitar pabrik rokok Djarum. Taman ini dipenuhi dengan tumbuhan serta ditata dengan rapi sehingga tampak asri. Lokasinya berada di Jalan Lingkar Utara Nomor 7, Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kudus, atau sekitar 6,3 km dari Museum Kretek Kudus. Selain menikmati pemandangan hijau, wisatawan bisa melakukan beragam aktivitas di taman ini, seperti berolahraga, jalan santai, atau sekadar berfoto. Kawasan Taman Oasis Djarum ini selalu dipadati pengunjung khususnya pada hari libur.

3. Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus memiliki nama asli Masjid Al Aqsa Menarat Qudus, (15/1/2022). Masjid ini dibangun oleh Sunan Kudus pada 1549 sehingga usianya mencapai 474 tahun. Bangunan masjid cukup ikonik karena memiliki menara yang menyerupai candi, sebagai lambang akulturasi budaya masa lalu. Pada kompleks masjid, terdapat makam Sunan Kudus yang merupakan salah satu Wali Songo dengan nama asli Ja’far Shadiq. Hingga saat ini, Masjid Menara Kudus masih digunakan untuk ibadah serta ramai dikunjungi peziarah dari berbagai daerah di Indonesia. Lokasinya berada di Jalan Menara, Desa Kauman, Kota Kudus, sekitar 3,4 kilometer (km) dari Museum Kretek.

4. Taman 1000 Merpati

Sesuai namanya, wisawatan bisa menjumpai banyak burung merpati di Taman 1000 Merpati. Berdasarkan informasi dari Tribun Muria, obyek wisata ini memberikan atmosfer seperti berada di luar negeri. Ribuan merpati di taman seluas 1.700 meter persegi ini, dibiarkan bebas. Jika pengunjung memberi makan, burung merpati langsung menghampirinya. Selain merpati, pengunjung bisa menjumpai satwa lainnya seperti kelinci, angsa, dan sebagainya. Taman 1000 Merpati berlokasi di Desa Pedawang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, sekitar 5,7 km dari Museum Kretek Kudus.

5. The Peak View Waterboom

The Peak View Waterboom diklaim sebagai waterboom paling lengkap di Kudus. Berdasarkan informasi dari situs resminya, The Peak View Waterboom menawarkan sejumlah wahana dan fasilitas. Meliputi, waterboom, restoran apung di tengah danau, kolam bermain, kolam renang, berbagai outbond, dan sebagainya. Lokasinya berada di Jalan Lingkar Utara, Kayuapu Kulon, Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, atau sekitar 8 km dari Museum Kretek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like