Viral! Apa Bisa AC Rumahan Di Pasang Di Mobil?

Jagat maya kembali dihebohkan dengan unggahan video yang memerlihatkan sebuah mobil yang menggunakan AC rumah di mobilnya.

Video yang diunggah oleh akun Instagram @undercover.id, pengguna jalan tentu dibuat heran pasalnya AC berukuran besar tampak mencolok mengantung di belakang Suzuki Carry keluaran 90an.

Usut punya usut, ternyata kejadian ini terjadi di Kalimantan Selatan. Pengendara mobil tersebut diduga tak tahan dengan panasnya Kalimantan Selatan sehingga memasang AC rumahan di mobilnya.

Namun belum jelas, apakah mungkin AC rumahan itu bisa dalam sebuah mobil? Atau sekedar sensasi saja.

Namun netizen lucunya justru malah hitung-hitungan betapa murah jika mengaplikasikan AC rumahan ke mobil, ketimbang menggunakan AC yang sesuai peruntukan kendaraan.

“AC rumahan 3 juta dapat, AC mobil 10 juta belum pipa, kabel, evap dll,” tulis @her***.

Di hitung hitung malah murah pasang AC rumah di mobil, daripada AC khusus mobil. AC rumah Rp3 juta udah dapet, mobil bisa sampai Rp8-10 jutaan,” tulis @aby***.

Namun, pemasangan AC rumahan di mobil bukanlah hal yang mustahil dan memang bisa dilakukan. Melansir berbagai sumber, Rabu (18/10/2023), pemasangan AC rumahan di mobil bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Cara yang pertama adalah menggunakan panel surya. Nantinya, energi yang dihasilkan dari panel surya akan dikonversi menjadi listrik.

Listrik tersebut kemudian dijadikan sebagai sumber energi untuk menyalakan AC. Cara yang kedua adalah menggunakan inverter, yang digunakan untuk mengubah arus listrik DC menjadi listrik AC. Penggunaan AC rumahan di mobil sebetulnya sudah sering digunakan, khususnya pada mobil-mobil yang dimodifikasi menjadi campervan.

Namun, penggunaan AC rumahan di Suzuki Carry tidak pernah ditemui sebelumnya, sehingga membuat video ini menjadi sangat menarik perhatian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like