Viral Atap Parkiran UMS Roboh Timpa 50 Motor

Sebuah unggahan mengenai atap parkiran Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sukoharjo, Jawa Tengah, roboh dan menimpa sejumlah kendaraan, viral di media sosial TikTok. Unggahan tersebut dibagikan sejumlah akun TikTok, salah satunya akun TikTok @zakioke._ pada Kamis (25/10/2023). “Pray for UMS,” tulis akun tersebut. Pengunggah sembari melampirkan sebuah video yang menunjukkan adanya atap parkiran UMS yang ambruk. Hingga Kamis (26/10/2023),

video tersebut telah dilihat lebih dari 896.000 kali dan disukai lebih dari 30.000 pengguna. Beragam komentar muncul terkait unggahan ini. “Ini ada bantuan dari univ ngga buat motor” mahasiswa yang ketimpa pohon nya?” kata akun Aliii2345. “Sekali ujan ga main main,” kata akun @notperfect2. Lantas, bagaimana kronologi robohnya atap parkiran UMS tersebut?

Kepala Bidang Humas dan Media UMS, Budi Santoso menjelaskan, atap roboh di UMS yang viral tersebut terjadi di parkiran Kampus 1 UMS. “Itu kena dampak hujan angin,” jelas Budi saat dihubungi Kamis (26/10/2023). Ia menjelaskan, kejadian hujan angin yang merobohkan atap parkir UMS ini terjadi pada Rabu (25/10/2023) sekitar pukul 15.30 WIB.

Pihaknya menjelaskan, bangunan yang rusak hanya lokasi parkir tersebut. “Tidak ada bangunan lain yang rusak, tempat parkir yang ambruk karena tertimpa pohon,” ujarnya. Pihaknya juga menjelaskan tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun ada sekitar 50-an motor dan 1 mobil yang rusak. “Rencana 50-an motor plus 1 mobil yang tertimpa musibah akan dibantu perbaikannya,” kata Budi. Setelah kejadian ini, UMS sesegera mungkin akan berupaya untuk membangun kembali lokasi parkiran tersebut.

“Sesegera mungkin akan dibangun lagi,” kata dia. Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Aset dan Investasi Umum UMS Prof. Dr. Muhammad Da’i dalam pernyataan resminya di Instagram @umsofficialid juga menginformasikan, pihak kampus akan membantu mahasiswa yang kendaraannya mengalami kerusakan. “Kami akan bantu bagi mahasiswa yang kendaraannya mengalami kerusakan dari ringan hingga berat,” paparnya. Ia menambahkan, ada 3 pohon yang roboh di mana salah satunya menimpa lokasi parkir tersebut. Sebagai bentuk mitigasi, ia mengatakan telah dilakukan penebangan dan pemangkasan ranting pada pohon-pohon di sekitar UMS yang sekiranya berusia tua dan lapuk. “Ini merupakan bencana alam, menjadi keprihatinan bersama, kita berharap kejadian serupa tak terjadi lagi,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like