Viral Pohon Berusia Sekitar 100 Tahun Tumbang di Nusa Tenggara Barat

Sebanyak 10 orang menjadi korban tertimpa pohon tumbang di Desa Jurit, Kecamatan Pringgasela, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (22/10/2023) sore. Kasi Humas Polres Lombok Timur Iptu Nikolas Osman menerangkan, kejadian tersebut bermula para korban yang terdiri dari ibu-ibu dan anak-anak saat itu sedang shalat dan mandi di mata air selak yang tidak jauh dari lokasi pohon yang tumbang tersebut.

“Awalnya diketahui Amiruddin (saksi) mengetahui bahwa pohon tumbang tersebut yang berada di posisi mata air akan tumbang, lalu berteriak ke pada korban yang saat itu di bawah pohon sedang mandi dan shalat di mushala,” kata Nikolas melalui sambungan telepon, Minggu (22/10/2023). Mengetahui pohon tersebut akan tumbang, saksi berteriak kencang meminta agar para warga di bawah pohon itu segera menjauh menghindar agar tidak tertimpa, namun para korban tidak sempat menghindar.

“Saat memanggil dan memperingatkan warga warga pohon tersebut tiba-tiba tumbang dan menimpa warga yang saat itu berada di sekitar mushola dan mata air,” kata Nikolas. Mengetahui banyak warga yang tertimpa pohon, saksi kemudian berteriak meminta tolong ke pada warga sekitar. “Selanjutnya saksi berteriak minta tolong kekepa warga sekitar untuk melakukan evakuasi terhadap semua korban,” kata Nikolas. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, korban hanya mengalami luka-luka kemudian dilakukan evakuasi ke puskesmas Pringgasela untuk mendapatkan perawatan.

“Tidak ada korban meninggal dunia akibat pohon tumbang, setelah dilakukan pembersihan dan pencarian di sekitar lokasi pemandian oleh petugas dan masyarakat,” kata Nikolas. Dari keterangan warga setempat pohon tumbang tersebut memang sudah tua, dan diperkirakan berusia sekitar 100 tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like