Wisata Pulau Bahari Indonesia Yang Ada Di Aceh

ACEH merupakan provinsi paling barat Indonesia. Terletak di ujung Pulau Sumatera, secara geografis Aceh berbatasan langsung dengan perairan India, Malaysia, Thailand, dan Myanmar.

Ada beberapa pulau terluar Indonesia berada dalam wilayah administrasi Aceh. Pulau tersebut banyak yang tak berpenghuni karena letaknya sangat terpencil di tengah Samudera Hindia.

Nah, berikut 3 di antara pulau terluar Indonesia yang ada di Aceh :

  1. Pulau Rondo

Pulau Rondo merupakan satu dari 12 Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) menurut Keputusan Presiden Nomor 6/2017 tentang Penetapan Pulau-Pulau Kecil Terluar. Lokasi pulau ini berbatasan langsung dengan India dan Nikobar.Rondo merupakan pulau paling dan titik nol kilometer Indonesia sebenarnya berada di pulau ini. Tapi, karena sulitnya perjalanan ke Pulau Rondo, akhirnya titik nol kilometer Indonesia digeser ke Pulau Weh.Pulau Rondo yang luasnya hanya 0,4 Km persegi masuk dalam wilayah administrasi Kota Sabang. Pulau ini tak berpenghuni, hanya dijaga oleh TNI Angkatan Laut. Pulau Rondo juga sering disinggahi nelayan yang mencari ikan di dekat Laut Andaman.

2. Pulau Weh

Pulau Weh atau lebih dikenal dengan Pulau Sabang merupakan satu-satunya pulau terluar di ujung barat Indonesia yang berpenghuni. Pulau Weh di Kota Sabang terkenal dengan keindahan alam terutama pantainya.Pulau Weh dijuluki sebagai surga wisata bahari andalan Aceh. Ada beragam tempat wisata populer di sana seperti Pantai Iboih, Pantai Sumur Tiga, Pantai Rubiah, Goa Sarang, Pantai Gapang, Danau Aneuk Laot, Pantai Anoi Itam, hingga Tugu Kilometer Nol Indonesia.Pulau ini memiliki wilayah seluas 120,7 km2 dan terdiri dari gugusan dataran tinggi. Titik tertingginya adalah Gunung Api Jaboi, gunung berapi fumarolik setinggi 617 meter.Pulau Weh dulu pernah tersambung dengan Sumatera, kemudian terpisah karena letusan gunung api pada zaman pleistosen.

3. Pulau Benggala

Pulau Benggala masuk wilayah Kabupaten Aceh Besar. Pulau tak berpenghuni ini berada di koordinat 5°47″ Lintang Utara, dan 94°58″ Bujur Timur. Secara geografis, pulau ini berada di Selat Benggala dan berbatasan langsung dengan Laut Andaman dan Samudera Hindia.Pulau Benggala terdiri dari beberapa gundukan batu yang membentuk menjadi sebuah pulau. Oleh sebab itu, Pulau Benggala disebut juga sebagai Batutigabelas. Dengan luas sekitar 4 hektar, titik tertinggi pulau ini hanya setinggi 14 meter di atas permukaan laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like